Psyzone

Fakultas Psikologi UNPAD, Inspirasi Fakultas Psikologi Indonesia

imagesTulisan ini dulu dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas dalam kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Psikologi Unpad 2012 dan pernah dipublikasikan di blog saya sebelumnya annisanurwandani.blogspot.com

Saya menyadari tulisan ini belumlah sempurna dan masih dibutuhkan data-data pendukung. Tetapi mudah-mudahan tulisan  ini dapat membantu teman-teman yang ingin mencari informasi terkait sejarah Fapsi Unpad dan dengan senang hati bisa dijadikan referensi bagi tulisan teman-teman selanjutnya yang lebih baik lagi, tapi jangan lupa sertakan sitasi yang baik dan benar ya 🙂

Happy reading !

Di Indonesia, lahirnya Pendidikan Psikologi diawali oleh pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar Universitas Indonesia pada Dies Natalis Universitas Indonesia pada tahun 1952 di Fakultas Pengetahuan Teknik UI di Bandung (sekarang ITB). Dalam pidato tersebut, beliau antara lain mengemukakan penggunaan pemeriksaan psikologis untuk mendeteksi the right man on the right place, dan menghindari the right man on the wrong place, the wrong man on the right place, serta the wrong man on the wrong place. 

Awal munculnya Psikologi di Indonesia adalah sebagai bagian dari ilmu kedokteran dan psikotes, tetapi kemudian berkembang pesat serta menjadi kebutuhan masyarakat di berbagai sektor seperti pendidikan, sosial, dan olahraga. Di tahun 1960-an hanya ada empat fakultas psikologi yaitu di UI, UGM, UNPAD, Maranatha. Namun sekarang sudah ada lebih dari 40 fakultas psikologi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

Dari keempat universitas yang mengawali berdirinya fakultas psikologi, Fakultas Psikologi UNPAD lah yang berbeda, mengapa? Karena ada dua keistimewaan pendirian fakultas ini, yaitu :
  1. Fakultas Psikologi berdiri sebagai Fakultas, bukan berkembang dari bagian program studi lain seperti : Fakultas Psikologi UI yang berkembang dari program studi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi UGM yang berkembang dari Fakultas Paedagogi.
  2. Pendirian Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dapat langsung diresmikan berdiri sendiri sebagai fakultas tanpa harus berada di bawah naungan Yayasan Padjadjaran terlebih dahulu seperti beberapafakultas lain di Universitas Padjadjaran. Biasanya pada waktu itu sebelum diresmikan menjadi fakultas harus berada di bawah naungan yayasan sekurang-kurangnya satu tahun.

Sehingga Fakultas Psikologi UNPAD bisa disebut pelopor sebagai Fakultas Psikologi pertama di Indonesia yang telah menginspirasi pendidikan tinggi psikologi lainnya di Indonesia untuk meningkatkan diri menjadi fakultas tersendiri, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

9b675-foto-fak-psi
Gedung Fakultas Psikologi, Kampus Unpad Jatinangor

Berdirinya Fakultas Psikologi UNPAD terhitung mulai tanggal 1 September 1961 melalui SK Menteri PTIP nomor 037/SEK/PU/61, dan diresmikan pada tanggal 2 September 1961 di Aula UNPAD yang selanjutnya setiap tanggal 2 September dirayakan sebagai hari Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Periode 1961 – 1964, Fakultas Psikologi UNPAD dipimpin oleh Kol. dr. Soemantri Hardjoprakoso, dibantu kuasa dekan (pembantu dekan) antara lain Kapt. Bob Dengah, Dipl. Psych, Mr. Bushar Muhamad dan Kapt. Soemantri Kartosoedjono, Dipl. Psych. Sejak Kol. dr. Soemantri Hardjoprakoso diangkat menjadi Pembantu Menteri PTIP, kemudian diputuskan secara bersama, Dekan Fakultas Psikologi UNPAD yang baru yakni Dr. Phil. R. Mara’at.

Generasi pertama pendiri Fakultas Psikologi UNPAD adalah generasi awal Psikolog Indonesia yang mendapatkan pendidikan Psikologi di pusat-pusat pendidikan psikologi dunia, seperti Jerman, Swiss, dan Belanda. Pada saat itu pertumbuhan psikologi sebagai ilmu pengetahuan bersumber dari negara-negara Eropa khususnya Eropa daratan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelajar ilmu psikologi di Fakultas Psikologi UNPAD artinya belajar psikologi tingkat dunia. Tidak heran bila sejak awal berdirinya Fakultas Psikologi UNPAD banyak menekankan pengembangan ilmu psikologi yang berlandaskan ‘aplikasi diagnostik berbasis klinis’.

Karena itu berbanggalah kita sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD karena telah menjadi bagian dari pelopor berdirinya fakultas psikologi yang telah menginsiparasi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia.

Sumber : Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Psikologi
   Buku Panduan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s